LEGALITAS
KEPUTUSAN MENRISTEK DIKTI Nomor 47/KPT/I/2015 Tentang Pembukaan Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister, Program Studi Pendidikan Kimia Program Magister, Program Studi Teknik Elektro Program Sarjana Pada Universitas Negeri Semarang Di Semarang
VISI:
Visi penyelenggaraan Program Studi S2 Pendidikan Geografi di FIS Unnes adalah:
”Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan pendidikan geografi berwawasan konservasi, bertaraf internasional pada tahun 2030”.
MISI
Misi Prodi S2 Pendidikan Geografi adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan jenjang strata dua (S2) pendidikan geografi, mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan pendidikan geografi yang berorientasi pada isu-isu keruangan, kelingkungan dan komplek wilayah dalam lingkup lokal, regional, nasional dan global.
- Melakukan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan geografi bernilai konservasi.
- Mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan dalam penyelesaian masalah-masalah pendidikan geografi di semua jenjang dan jenis pendidikan baik di tingkat daerah, nasional dan internasional.
TUJUAN
Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Geografi FIS Unnes adalah menghasilkan tenaga pendidik profesional di bidang geografi;
- Memiliki kemampuan mengembangkan teori dan model pendidikan geografi pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan;
- Memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam analisis berbagai masalah pendidikan geografi dalam lingkup lokal, regional, nasional dan global;
- Memiliki kemampuan menghasilkan karya-karya berwawasan konservasi melalui penelitian dan pengembangan.
- Memberikan layanan profesional kepada masyarakat dalam pemecahan masalah yang terkait dengan pendidikan geografi, isu-isu lingkungan dan konservasi.
Keunggulan dan karakteristik Program Studi
S2 Pendidikan Geografi dikemas menggunakan model pendidikan untuk memecahkan berbagai masalah lingkungan (fisik dan manusia) di permukaan bumi. Selain itu kondisi pendidikan pada masyarakat memang harus terus ditingkatkan, mengingat berbagai masalah lingkungan semakin meningkat. Pemecahan berbagai masalah tersebut dapat dilakukan dengan pendidikan geografi pada masyarakat, sehingga akan tercipta suatu masyarakat yang mengerti tentang solusi permasalahan lingkungan..
Prodi S2 Pendidikan Geografi memiliki karakteristik sebagai ilmu geografi untuk pendidikan (applied geographic sciences for education). Aspek kajian dari S2 Pendidikan Geografi UNNES adalah persoalan-persoalan geografi/lingkungan yang ada dalam masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya yang akan dipecahkan dengan menciptakan konsep, model, dan teori yang relevan. Model pendidikan geografi dapat didesiminasikan melalui pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah, dalam keluarga maupun masyarakat. Dengan kata lain “state of the art” dari S2 pendidikan geografi adalah studi geografi melalui pendekatan pendidikan.
PROFIL LULUSAN
Program S2 Pendidikan Geografi UNNES dikembangkan dengan ciri dan karakteristik pada proses dan output perkuliahan yang memiliki pola pikir, semangat dan kecakapan atau kemampuan untuk menciptakan peluang pekerjaan bagi orang lain sekaligus bagi dirinya sendiri, merupakan sasaran utama bagi lulusan. Profil lulusan atau karakter Program S2 Pendidikan Geografi harus dimiliki oleh setiap lulusan prodi ini.
Profesi dan bidang pekerjaan yang menjadi sasaran Program studi S2 Pendidikan Geografi adalah:
- tenaga pendidik (guru dan dosen) pada berbagai institusi pendidikan,
- tenaga praktisi (trainer, perencana, administrator/pengelola/manajer, supervisor/asesor, dan sebagainya),
- tenaga peneliti dan pengembang (konsultan, pelaksana teknis, auditor, dan sebagainya).
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Filsafat Pendidikan Geografi | 3 |
2 | Metode Penelitian Geografi | 3 |
3 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Geografi | 3 |
4 | Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Geografi | 2 |
5 | Kapita Selekta Geografi Fisik | 3 |
6 | Dinamika Geografi Regional | 2 |
7 | Pendidikan Kebencanaan | 2 |
8 | Visualisasi Informasi Geospasial | 3 |
9 | Seminar Rancangan Tesis | 2 |
10 | Outdoor Study Geografi | 2 |
11 | Tesis | 8 |
1 | Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran geografi | 3 |
2 | Inovasi Pembelajaran | 2 |
3 | Pengelolaan Sumberdaya dan Konservasi Lingkungan | 2 |
4 | Ekonomi Pembangunan dan Globalisasi | 2 |
5 | Pendidikan Multikultural | 2 |
6 | Kearifan Lokal Nusantara | 2 |
7 | Dinamika Kependudukan | 2 |
8 | Geografi Kemaritiman | 2 |
9 | Kajian Wilayah Pedesaan dan Perkotaan | 2 |
Dosen Pembina dan Pembimbing
- Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si.
- Dr. Juhadi, M.Si.
- Dr. Erni Suharini, M.Si
- Dr. Puji Hardati, M.Si.
- Dr. Tjaturahono Budi S., M.Si
- Dr. Eva Banowati, M.Si.
- Dr. Ananto Aji, M.S.
- Dr. Purwadi Suhandini, SU.
- Dr. Moh.Amien.
- Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd.
- Prof. Dr. Achmad Slamet, M.Si.
- Prof. Dr. Supriyadi, M.S.
- Prof. Dr. Ir, Saratri Wilonoyudo
- Prof. Dr. Wasino, M.Hum.
- Dr. Isti Hidayah, M.Pd.
- Dr. Thriwaty Arsal, M.Si.
- Fadly Husain S.Sos., M.Si, Ph.D.